buku tamu

Kamis, 13 Desember 2012

KALBE FARMA Tbk.


Assalamualaikum wr.wb. 


Kali ini saya akan memposting sebuah tulisan, yaah lebih tepatnya sih tugas kuliah untuk menunjang nilai softskill saya di mata kuliah “ Teori Organisasi Umum 1 “ , jadi saya mohon maaf jika ada kesalahpahaman atau postingan saya yang tidak baik dan tidak ada niat buruk apapun pada perusahaan ini. Semua ini hanyalah tuntutan tugas sebagaimana saya seorang pelajar yang ingin banyak tahu dan yang utama untuk memenuhi tugas softskill .. ^_^ 

tak banyak cakap langsung aja yah  tugas saya kali ini adalah memposting sebuah web perusahaan yang mempunyai status GP. Berikut postingannya cekidoot :P



Kalbe didirikan pada tahun 1966. Pada tahun 1991, Kalbe terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai perusahaan publik. Kalbe telah jauh berkembang dari awal mulanya sebagai usaha farmasi yang dikelola di garasi rumah pendirinya di wilayah Jakarta Utara. Saat ini Kalbe telah menjadi perusahaan produk kesehatan publik terbesar di Asia Tenggara yang memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar USD 3,9 miliar dan omset penjualan Rp 10,91 triliun pada akhir tahun 2011. 

Kalbe memiliki fokus bisnis pada 4 divisi, yaitu divisi obat resep, divisi produk kesehatan, divisi nutrisi, serta divisi distribusi dan logistik. Saat ini Kalbe didukung lebih dari 15.000 karyawan termasuk 4.000 tenaga pemasaran dan penjualan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga Kalbe mampu menjangkau 70% dokter umum, 90% dokter spesialis, 100% rumah sakit, 100% apotek untuk pasar obat-obat resep serta 80% untuk pasar produk kesehatan dan nutrisi. 

Inovasi adalah semangat yang menjiwai setiap tahap pertumbuhan Kalbe menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Riset dan pengembangan produk-produk baru yang inovatif, bernilai tinggi, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan prospek yang baik di masa mendatang terus dilakukan. Menyadari kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan yang sangat luas, Kalbe terus meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan distribusinya. Perbaikan berkesinambungan dalam integrasi rantai pasokan menjadi salah satu perhatian utama Kalbe untuk meningkatkan efisiensi dan arus kas Perseroan. 

Setelah melampaui 4 dasawarsa pertumbuhan, Kalbe telah bertransformasi dari produsen obat-obatan menjadi penyedia “solusi layanan kesehatan yang menyeluruh” melalui penyediaan solusi kesehatan yang lengkap mulai dari produk obat-obatan, nutrisi, suplemen, makanan dan minuman kesehatan hingga alat-alat kesehatan termasuk pelayanan kesehatan primer. Bentuk pelayanan komprehensif atau holistik kepada konsumen yang telah dirintis, Kalbe diyakini dapat mempertahankan dan meningkatkan daya saing Kalbe di tengah kompetisi yang semakin ketat dalam rangka memperkuat keunggulan kompetitif Kalbe di masa depan. Adalah menjadi target kami untuk membangun Global Brand yang memiliki potensi penjualan yang tinggi di setiap unit bisnis untuk mendorong pertumbuhan kinerja. 

Mampu terus tumbuh secara berkesinambungan melalui sinergi antar unit bisnis menjadi harapan Kalbe dalam rangka mendukung terwujudnya misi Perseroan yaitu meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik. Dengan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas serta upaya perbaikan dalam berbagai proses bisnis secara berkesinambungan, Kalbe optimis akan mampu mencapai visi Perseroan “menjadi perusahaan produk kesehatan Indonesia terbaik yang didukung oleh inovasi, merek yang kuat dan manajemen yang prima”.






Johannes Setijono - Presiden Komisaris




Santoso Oen - Komisaris




Jozef Darmawan Angkasa - Komisaris



Ferdinand Aryanto - Komisaris



Wahjudi Prakarsa - Komisaris Independen




Farid Anfasa Moeloek - Komisaris Independen





Bernadette Ruth Irawati Setiady - Presiden Direktur



Johanes Berchman Apik Ibrahim - Wakil Presiden Direktur



Budi Dharma Wreksoatmodjo - Direktur




Herman Widjaja - Direktur





Vidjongtius - Direktur




Ongkie Tedjasurja - Direktur




Sejarah perkembangan Kalbe sejak didirikan lebih dari empat dasawarsa lalu senantiasa diwarnai inovasi. Faktor kunci di balik inovasi adalah kualitas sumber daya manusia yang memiliki semangat entrepreneur dan dorongan untuk selalu berkreasi dalam menciptakan nilai tambah bagi Perseroan. Semangat inovatif inilah yang senantiasa ditumbuhkembangkan di lingkungan Grup Kalbe oleh Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui berbagai program pelatihan dan pengembangan secara terstruktur dan berkelanjutan. 

Divisi SDM menerapkan sistem SDM yang selaras dengan strategi Perseroan, serta senantiasa meningkatkan kemampuan untuk merekrut, mempertahankan dan mengembangkan karyawan. Hal ini juga diimbangi dengan membina lingkungan kerja yang kondusif berlandaskan kepercayaan dan komunikasi yang terbuka pada setiap jenjang organisasi.


 Sistem manajemen Kalbe adalah proses sistematis dan berkesinambungan yang dijiwai nilai-nilai perusahaan Grup Kalbe yaitu Panca Sradha Kalbe. Sistem ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan perbaikan dalam mengelola aktivitas bisnis Perseroan dengan melibatkan seluruh jenjang organisasi. 

Perencanaan dan penetapan strategi Perseroan dimulai dari penyusunan strategi jangka panjang dan jangka pendek Perseroan yang kemudian dijabarkan sampai dengan rencana kerja individu sehingga mudah dimengerti dan dilaksanakan oleh setiap karyawan.

Pemantauan strategi dan rencana kerja secara periodik dilakukan untuk memeriksa hasil kinerja organisasi, menganalisa penyebab penyimpangan serta melakukan tindakan perbaikan. Proses ini membantu organisasi dan individu untuk fokus pada prioritas dan target yang telah ditetapkan.

Penerapan sistem manajemen Kalbe secara konsisten membangun budaya dan perilakuContinuous Improvement (CONIM). Setiap tahun Kalbe menyelenggarakan konvensi CONIM sebagai ajang kompetisi dan apresiasi bagi karyawan yang terlibat dalam perbaikan proses dan peningkatan produktivitas Perseroan agar segenap karyawan mempunyai semangat yang berkelanjutan dalam mengimplementasikan CONIM.

Melalui beragam inisiatif CONIM yang terdiri dari Individual Improvement (SS, A3R, PP S), Team Improvement (QCC) dan Cross Functional Improvement (QCP), Kalbe merealisasikan strategi perusahaan serta peningkatan kompetensi SDM dan organisasi melalui penyempurnaan kinerja proses dan produktivitas yang melibatkan partisipasi aktif semua karyawan, baik secara individu maupun kelompok.

  • PRODUK DAN JASA
1. Obat resep

Divisi Obat Resep Kalbe memiliki rangkaian obat resep yang lengkap untuk seluruh segmen ekonomi masyarakat, dimulai dari obat generik, obat generik bermerek hingga obat lisensi; yang didistribusikan ke rumah sakit, apotek hingga toko obat di seluruh Indonesia melalui jaringan distribusi yang terintegrasi. Kalbe juga memiliki tim pemasaran yang kuat yang dibagi menjadi kelompok-kelompok pada masing-masing segmen dan kelas terapi untuk menjamin kegiatan pemasaran yang terfokus dan efektif.

Beberapa produk-produk unggulan Kalbe antara lain adalah Brainact, Cefspan, Mycoral, Cernevit, Cravit, Octalbin, Neuralgin, Broadced, Neurotam, dan CPG.

2. Produk kesehatan

Divisi Produk Kesehatan Kalbe meliputi kategori produk obat bebas bersifat kuratif serta produk-produk konsumsi yang memiliki manfaat kesehatan seperti suplemen dan produk bersifat preventif lainnya, minuman energi serta produk minuman kesehatan. 

Beberapa diantaranya adalah produk Promag dan Waisan yang menguasai pasar kelas terapi obat maag; produk Neo Entrostop di kelas terapi obat diare; produk Komix, Woods, Mextril dan Mixadin di kelas terapi obat batuk; serta produk Mixagrip, Mixagrip Flu dan Batuk dan Procold di kelas terapi obat flu. 

Di samping itu, Kalbe juga memiliki produk unggulan Kalpanax dan Mikorex pada kelas terapi anti-jamur. Dalam segmen produk konsumsi dengan manfaat kesehatan yang bersifat preventif, Perseroan memiliki pula produk Cerebrovit, Fatigon, Sakatonik dan Xon-Ce yang cukup dominan pada pangsa pasar produk suplemen multivitamin dan Vitamin C; serta Produk Cerebrofort dan Sakatonik ABC untuk produk suplemen multivitamin anak.

3. Nutrisi

Divisi Nutrisi Kalbe mempunyai rangkaian produk-produk nutrisi yang lengkap untuk seluruh lapisan usia konsumen, mulai dari bayi, balita, anak-anak hingga pra-remaja, dewasa, ibu hamil dan menyusui, hingga usia senja, serta produk-produk nutrisi untuk konsumen dengan kebutuhan khusus. 

Produk nutrisi Kalbe terutama ditujukan bagi segmen premium. Namun, dengan melihat potensi pertumbuhan dan daya beli kelas menengah yang terus meningkat, Kalbe telah mulai memasuki segmen kelas menengah dengan meluncurkan produk baru di segmen tersebut yang ditujukan pada pangsa pasar khusus, seperti susu untuk ibu hamil dan susu untuk anak-anak hingga pra-remaja.

Beberapa produk unggulan Kalbe antara lain adalah Morinaga Chil Kid, Morinaga Chil School, Morinaga Chil Mil, Morinaga BMT, Prenagen, Milna, Zee, Diabetasol, Entrasol dan Lovamil.


4. Layanan kesehatan

5. Veteriner


* untuk mengetahui berbagai  macam jenisnya klik salah satunya 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Etika dan Profesionalisme TSI (Teknologi Sistem Informasi)

Pengertian dan Jenis Etika Etika dan Profesionalisme TSI terdiri dari tiga kata, yakni etika, profesionalisme, dan TSI.  Pertama adalah...